Minggu, 03 Juni 2018

Juni 03, 2018

Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami. Sebulan Turun 20kg



Menurunkan Berat Badan

Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami. Sebulan Turun 20kg

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa menurunkan berat badan merupakan hal mudah. Mereka yang kekurangan berat badan cenderung menganggap bahwa menurunkan berat badan lebih mudah dibandingkan menaikkan berat badan. Padahal, keduanya sama saja, mudah dilihat tapi lumayan sulit dilakukan. Bagi kamu yang memiliki berat badan berlebih tentunya menurunkan berat badan adalah suatu keharusan supaya tubuhmu ideal dan kamu pun lebih percaya diri. Ada banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan tanpa harus melalui penanganan medis seperti sedot lemak. Kali ini, admin merangkum 2 cara alami untuk menurunkan berat badan. Baca Juga : 7 Cara Ampuh Redakan Nyeri Perut Saat Haid



Melalui Diet
Diet yang dimaksud bukan “Did I Eat That?” loh yaa.. Diet yang dimaksud disini tentunya adalah pengaturan pola makan, baik itu porsinya maupun kandungan gizinya. Namun, diet yang dilakukan tetap harus sehat, artinya tidak sampai menyebabkan kurang gizi apalagi sakit. Diet yang tidak sehat seperti ini bukannya menurunkan berat badan justru membahayakan kesehatan. Dengan demikian perlu dilakukan hal-hal berikut supaya dietmu berjalan dengan baik tanpa mengganggu kesehatan tubuh:
1.      Tentukan target
Supaya keberhasilan dietmu bisa terukur, maka kamu harus membuat target penurunan berat badan yang harus dicapai, misalnya 1 kg dalam seminggu. Ingat, dalam membuat target jangan terlalu ambisius dan terobsesi, yang penting rasional dan pelan tapi pasti. Setelah kamu menetukan target, maka kamu juga harus membuat langkah-langkah mewujudkannya, misal tidak makan gorengan, tidak ngemil, dan tidak memakan makanan cepat saji, dan lainnya.
2.      Perbanyak minum air putih
Selain bermanfaat untuk kelancaaran metabolisme tubuh, mengkonsumsi air mineral juga  bisa membantu menurunkan berat badan. Biasakan untuk minum air putih sebelum makan, misalnya satu atau dua gelas. Dengan begitu, perutmu akan terisi dan merasa cepat kenyang, sehingga bisa mengurangi porsi makan dari yang biasa kamu lakukan.
3.      Pebanyak gerak
Jika kamu termasuk orang yang mager, sebaiknya mulai sekarang hilangkan kebiasaan magermu itu. Jika kamu malas gerak, maka lemak yang ada ditubuhmu akan mengendap dan lama kelamaan bisa menyebabkan obesitas. Oleh karena itu, biasakan untuk banyak bergerak dan beraktivitas untuk membakar lemak yang ada ditubuhmu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan berjalan kaki dan mengurangi menggunakan lift ataupun eskalator.
4.      Konsumsi makanan berserat
Serat memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Selain itu, serat juga bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi, melindungi tubuh dari penyakit usus besar, menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah, dan masih banyak lagi. Kacang polong, alpukat, pisang, pepaya, brokoli, pir, jagung, dan beras merah merupakan makanan berserat yang dapat kamu konsumsi untuk membantu menurunkan berat badanmu.
5.      Hindari makan setelah jam 6 sore
Diatas jam 6 sore, aktivitas kita cenderung sudah selesai, sehingga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berat lagi karena bisa menyebabkan penumpukan lemak. Cobalah untuk mengganti porsi makan malam dengan memakan buah-buahan. Jika tetap ingin makan malam, maka usahakan jangan langsung tidur setelah makan
6.      Minum air jeruk nipis
Air jeruk nipis dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat, sebab kandungan vitamin C-nya mampu menyerap kalsium dalam sel-sel lemak. kamu hanya perlu meminum air jeruk nipis dengan segelas air hangat di pagi hari untuk membantu dietmu berjalan dengan lancar. Baca Juga : Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Usus Buntu. Dijamin Manjur

Melalu cara alami & tradisional
            Jika kamu merasa bosan dengan metode diet, maka kamu bisa mencoba cara lain untuk menurunkan berat badan, yaitu dengan mengkonsumsi ramuan tradisional yang pastinya alami. Ada banyak tanaman herbal di Indonesia yang bisa membantu menurunkan berat badanmu. Berikut tanaman herbal tersebut :
1.      Teh Hijau
Khasiat teh hijau dipercaya mampu menurunkan berat badan melalui kandungan metabolisme lemak dan anti oksidan yang dapat mencegak kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Supaya hasil yang diperoleh maksimal, biasakan meminum teh hijau (tanpa gula) secara teratur sebelum makan. Meminum teh hijau sebelum makan akan membuat perut terasa lebih kenyang sehingga bisa mengurangi porsi makan.
2.      Teh Jeruk Nipis
Selain menggunakan teh hijau, teh biasa yang dicampur dengan perasan jeruk nipis juga bisa membantu menurunkan berat badan. Caranya sangat gampang, cukup campurkan sekantung atau 3 sendok teh dengan 1 buah jeruk nipis, kemudian beri segeas air panas, lalu aduk. Cara membuatnya sangat gampang bukan? Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsinya secara rutin demi menurunkan berat badanmu hingga menjadi berat badan yang ideal.
3.      Madu Jahe
Madu mengandung fruktosa yang dapat membakar lemah tubuhh secara tidak langsung. Sedangkan jahe, mampu menekan nafsu makan secara alami. Dengan demikian, mengkonsumsi minuman dari madu dan jahe akan sangat membantu menurunkan berat badan. Cukup seduh campuran perasan jahe dan madu, kemudian minum 2 kali sehari secara rutin. Baca Juga : Inilah Gejala Penyakit Difteri

Itulah bebrapa Tips Menurunkan Berat Badan dari kami. Selamat mencoba dan semoga sukses :)

Sabtu, 24 Maret 2018

Maret 24, 2018

Resep Ayam Panggang Nikmat dan Sederhana

Ayam Panggang Nikmat dan Sederhana
Resep Ayam Panggang Nikmat dan Sederhana

Resep Ayam Panggang Nikmat dan Sederhana

Bahan:

  • 1 ekor ayam utuh
  • 6 sdm saus tomat
  • 4 sdm kecap asin
  • 2 sdm ang ciu (Tidak wajib, bagi yang mempercayai ini hukumnya haram)
  • 2 bh cabai merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe muda
  • wrapping paper  untuk tutup
  • alumunium foil untuk tutup
Resep Ayam Panggang Nikmat dan Sederhana

Cara Membuat:

1. Siram ayam dengan air panasdan bersihkan dari sisa sisa bulunya. Lali bilas hingga benar benar bersih, sisihkan. Cabai merah dibuang bijinya lalu haluskan, sisihkan. Bawang putih dicincang kasar, sisihkan. Jahe dikupas dan diparut, sisihkan. Tuang saus tomat ke dalam mangkuk bersih. tambahkan kecap asin, ang ciu, cabai halus, cincang bawang putih dan jahe parut. Aduk aduk hingga bahan rata.





Resep Ayam Panggang Nikmat dan Sederhana
Resep Ayam Panggang Nikmat dan Sederhana
2. Ambil ayam yang sudah dibersihkan lalu lumuri bagian luar dan dalamnya dengan campuran saus tomat. Taruh ayam dalam mangkuk dan tutup dengan wrapping paper. Lalu simpan dalam lemari pendingin semalaman. Keluarkan ayam dari lemari pendingin, lalu taruh dalam pinggan tahan panas. Olesi lagi dengan sisa campuran saus tomat.



Resep Ayam Panggang Nikmat dan Sederhana
Resep Ayam Panggang Nikmat dan Sederhana




3. Tutup pinggan dengan alumunium foil. Lalu panggang dalam oven yang dipanaskan pada suhu 180ͦ C selama 90 menit. Buka tutupnya dan lanjutkan memanggang selama 30 menit sambil sesekali dioleskan kaldu yang keluar saat pemanggangan. Panggang ayam hingga matang renyah berwarnya kecoklatan. 


Resep Ayam Panggang Nikmat dan Sederhana
Resep Ayam Panggang Nikmat dan Sederhana


4. Keluarkan ayam dari oven. Panas panas ayam dipotong potong sesuai selera dan sajikan sesegera mungkin.










Tips: 

  • Untuk memberikan hasil yang kemerahan, tambahkan angkak yang sudah dihaluskan ke dalam saus rendaman. olesi saus ini ketika ayam dipanggang
  • Sedang untuk memberikan hasil yang lebih gelap, tambahkan kecap manis ke dalam saus rendaman
  • Sajikan ayam panggang dengan nasi pulen atau kentang goreng
  • Sesaat sebelum disajikan kecuri dengan air jeruk nipis hingga terasa lebih segar
  • Bungkus ayam dengan alumunium foil jika akan dipanaskan dengan cara dikukus.

Jumat, 16 Maret 2018

Maret 16, 2018

Cerpen Cinta Islami Romantis : Bukan Baper Atau Baper, Tapi Baim


Aku berlari seperti atlet, bukan untuk mengejar mimpi, cinta, atau rezeki, tapi mengejar pintu gerbang sekolahku yang lima menit lagi akan ditutup. Untungnya gerbang masih terbuka. Senin, hari yang menyebalkan bagiku karena aku belum bisa move on dari hari Minggu. Oh ya, namaku Dealova Tribelty, Dea singkatnya. Aku siswa kelas 12 IPA 1.

“Selamat pagi guys, aku nggak telat kan ?” tanyaku pada Alex dan Exel dengan nafas terengah-engah.

“Nggak Dea, walaupun kamu telat aku selalu setia nunggu kamu untuk tepat” kata Alex.

“Dasar Baper.” jawabku dengan kesal.

“Btw, rumah kamu jaraknya 1km dari sekolah, kecepatan jalanmu 100m/menit, setidaknya cuma butuh waktu 10 menit, kok bisa hampir telat ?” sambung Exel.

“Aduh, gima aku gak telat coba kalau bangun aja jam 6:45.” Jelasku pada Excel.

Yah, itulah dua sahabat laki-lakiku Alex Albarokah dan Muhammad Excel. Mereka memang teman dekatku, tapi kita temenan sehat bukan friendzone atau TTM ala remaja kekinian.
Alex si Baper alias bawa perasaan dan Excel si Bapel alias bawa pelajaran. Mereka memang sering beradu argumen karena perbedaan prinsip yaitu antara yang meninggikan pelajaran dan yang mengatasnamakan perasaan.

..............................∞...................................

Akhirnya usai juga pelajaran matematika, aku pun bisa menyegarkan otakku dari bayangan angka-angka matematika yang beranak banyak tanpa KB.

“Huah, akhirnya berakhir juga episode angka dan rumus pagi ini.” ucapku lega.

“Gak boleh gitu Dea, belajar rumus kan penting untuk menemukan jawaban pada soal matematika” sangkal Excel.

“Tapi rumus gak bisa juga nemuin jawaban gimana perasaan dia ke aku.” kritik alex.
Aku hanya tersenyum dan geleng-geleng mendengarkan mereka.

Jam istirahat pun berakhir, Bu Aisyah guru PAI kami telah memasuki kelas bersama seorang murid laki-laki yang seragamnya berbeda dengan kami semua.


“Halo semuanya, perkenalkan nama saya Reza Deloza. Semoga kalian bisa membantu saya untuk menyeseuaikan diri di sekolah ini, terima kasih.” Jelas murid baru itu.

“Baiklah Reza, kamu boleh duduk disebelah sana”. Kata bu Aisyah.

Aku terperangah ketika Reza berjalan ke arah bangku di sebelahku. Kini, aku tak lagi duduk sendiri melainkan bersama Reza. Aku tak bisa lagi menguasai dua kursi dengan meja seluas-luasnya. Aku belum siap punya teman sebangku karena aku sudah terlalu lama duduk sendiri.

“Salam kenal ya, namamu siapa ?” sapa Reza.

“Dea, Dealova Tribelty” jawab jutekku pada orang baru.

Pelajaran pun dimulai.

“Baiklah anak-anak hari ini, materi kita adalah Ya Allah Aku Jatuh Cinta, Bolehkah Aku Pacaran ?” jelas Bu Aisyah.

Untung aku gak punya pacar, jadi bisa sembunyi dibalik status jombloku. Setidaknya jomblo tidak terlalu disudutkan dalam pembahasan masalah pacaran dari segi agama.

“Apakah jatuh cinta itu dosa ?” tanya bu Aisya.

“Ya nggaklah bu, secara biologi jatuh cinta itu menunjukkan normalnya pertumbuhan dan kejiwaan manusia.” Jawab Excel.

“Lagipula hati diciptakan untuk merasakan Bu, jika hati tidak boleh jatuh hati, apa gunanya hati ? masa cuma buat makan hati” protes Alex.

“Baiklah, jatuh cinta tidak berdosa tapi apakah pacaran itu berdosa ?” tanya Bu Aisyah.

“Dosa Bu, karena pacaran merupakan hal yang mendekati zina dan Allah melarang umatnya untuk mendekati zinah sebagaimana firman-Nya dalam SuratAl-Isra ayat 32 yang artinya “dan janganlah kamu mensekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan jalan yang buruk .” jelas Reza.

“Betul, lalu apa saja yang tergolong zina ?” tanya Bu Aisyah lagi.

“Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya Allah telah menetapkan bagi anak dan cucu Adam bagian dari zina, yang ia pasti mengetahuinya. Zina mata berupa pandangan, zina lisan berupa ucapan, dan jiwa berharap dan menginginkan. Hadist riwayat Muttafaqun ‘alaihi” Jelas Reza.

Aku jadi kagum pada Reza saat ia menjawab pertanyaan-pertanyaan Bu Aisyah. Pelajaran pun terus berlanjut dan pembahasan masalah pacaran semakin mendalam.

..............................∞...................................

Berikutnya adalah pelajaran Bahasa Indonesia. Kesukaannnya Alex karena sesuai dengan prinsip bapernya apalagi kalau materi puisi dan majas. Hari ini Alex pun mendapatkan kesempatan untuk membacakan puisinya.


Terpendam
Yang terdalam dan terpendam
Sebuah rasa sembunyi di balik hati
Tak terucap takut ia pergi
Cinta berlindung dibalik mata
Hanya bisa kupandang
Namun ia tak memandang
Cinta terpendam di hati terdalam

..............................∞...................................

Akhirnya bel pulang sekolah tiba, aku berjalan menuju gerbang sekolah, tapi Alex mencegatku didepan kelas.

“Dea, tadi puisi yang aku bacain di kelas adalah tentang perasaan aku sama kamu. Aku suka sama kamu. Aku cuma pengen kamu tau, soal ini tolong dirahasiakan seperti aku merahasiakan perasaanku ke kamu. Aku pulang, bye.”

Aku terdiam seribu bahasa menatap kepergian Alex.

..............................∞...................................

Malangnya aku ketika sampai di gerbang sekolah hari pun hujan.

“Dea, ini payung buat kamu. Aku udah dijemput, kamu pulangnya hati-hati karena aku juga selalu hati-hati berteman dengan kamu sampai akhirnya aku jatuh hati. Tapi kamu gak usah khawatir hujan hari ini akan menghapus jejak kamu dari hati aku.” Ungkap Excel.

Aku jadi bertambah bingung, tapi yah sudahlah kami adalah orang yang profesional dalam persahabatan.

..............................∞...................................

Di perjalanan pulang, aku bertemu Reza. Ternyata rumah kami satu komplek.

“Reza, kamu kok liatin aku teus senyum-senyum gitu ? Apa kamu juga pengen nembak aku kaya Alex dan Excel tadi ?” gerutuku.

“Senyum itu sedekah dan ibadah terkecil yang bisa aku lakukan. Lagian Islam menganjurkan untuk melamar bukan menembak” jawab Reza santai.

Mendengar jawabannya aku jadi malu sendiri. Kemudian Reza pun berlalu dan aku tiba di rumah. Aku langsung menghampiri diaryku dan menulis.


”Diary, Alex dan Excel menyatakan cinta mereka, tapi aku nggak berbunga-bunga alias biasa aja, untunglah aku gak mati karena ditembak dua lelaki sekaligus. Hal itu membuatku paham bahwa cowok dan cewek gak pernah murni sahabatan, pasti diam-diam ada yang naruh hati. Wajar sih, tapi aku tetap pada prinsip yaitu CITA-CITA barulah CINTA. Wlaupun pada kenyataannya aku telah jatuh cinta. Cinta pertama pada pandangan pertama pula. Yah, lelaki dengan kulit kuning langsat,  tinggi kisaran 170cm, dan rambut ala Imanuel Caesar Hito.

Dia berbeda dari lelaki kekinian yang otaknya hanya dipenuhi dengan masalah hati dan emosi. Dia punya perasaan tapi tidak baper dan pintar dalam pelajaran tapi tidak bapel. Dia datang dengan keimanan, bagaikan bulan ditengah banyaknya bintang. Aku ikhlas bila ada yang menjadi pacarnya, tapi suatu saat akulah yang harus menjadi isterinya (ngarep).


..............................THE_END.......................

Karya : Defa Defana Defiansih

Selasa, 13 Maret 2018

Maret 13, 2018

Kelebihan Bank Syariah Dibandingkan Bank Konvensional


Kelebihan Bank Syariah Dibandingkan Bank Konvensional
Kelebihan Bank Syariah Dibandingkan Bank Konvensional

Kelebihan Bank Syariah Dibandingkan Bank Konvensional

Banyak  masyarakat yang lebih memilih menabung di bank konvensional, padahal bank syariah juga memiliki beberapa kelebihan. Perkembangan bank syariah memang tidak sepesat bank konvensional. Namun, bukan berarti layanan bank syariah buruk, melainkan masyarakatlah yang belum terbiasa untuk bertransaksi dengan menggunakan bank syariah. Padahal, pada kenyataannya bank syariah memiliki beberapa kelebihan dibandingkan bank konvensional. Untuk lebih jelasnya, simak kelebihan bank syariah berikut ini:

1. Berdasarkan Syariat Islam
Manfaat utama menabung di bank syariah adalah prinsipnya yang berdasarkan syariat Islam yaitu Al-Qur’an dan hadist.

2. Terhindar dari Riba
Dalam syariat Islam, memakan uang riba merupakan hal yang dilarang atau termasuk golongan haram. Untuk itulah, di bank syariah tidak menerapkan sistem bunga atau riba melainkan menggunakan sistem bagi hasil. Dengan demikian, menggunakan bank syariah lebih aman dan terhindar dari riba.

3. Sistem bagi hasil
Salah satu keuntungan dan manfaat yang dimiliki bank syariah adalah nasabah akan diberikan keuntungan dengan sistem bagi hasil antara bank dengan nasabah. Bagi hasil didasarkan atas pendapatan bank. Bagi hasil yang dilakukan oleh nasabah dan pihak bank adalah dengan melakukan perhitungan pendapatan bank. Biaya yang dikeluarkan bank akan diambil dari bagi hasil tersebut, tetapi yang dimbail hanya yang menjadi hak bank saja.   Hasil tersebut akan memudahkan dan juga menguntungkan nasabah yang menabungkan uangnya di bank syariah.


4. Nasabah Terhindar dari Kerugian
Meskipun banyak nasabah lebih memilih menabung di bank konvensional karena tingkat suku bunga yang lebih menguntungkan, bukan berarti menabung di bank syariah tidak menguntungkan, justru menabung di bank syariah membuat nasabah terhindar dari kerugian. Mengapa demikian? Bank syariah memang tida memberlakukan sistem bunga, akan tetapi bank syariah memberikan bonus dan sistem bagi hasil yang akan tetap menguntungkan nasabah. Jika nasabah memiliki investasi yang besar di bank syariah, maka bonus perbulan yang akan didapatkan pun juga besar. Selain itu, dengan menggunakan perhitungan bagi hasil yang dilakukan oleh bank syariah, berapapun tingkat keuntungan yang diperoleh bank tidak akan membuat nasabah merugi, sebab perhitungan bagi hasil dilakukan berdasarkan dengan pendapatan yang diperoleh oleh pihak bank setiap bulannya, bukan besaran keuntungan yang diperoleh bank.

5. Pemanfaatan dan Penabung
Dana yang ditabung di bank syariah bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang baik dan sesuai dengan syariah islam. Di bank konvensional nasabah tidak akan tahu kemana dananya akan disalurkanakan tetapi, jika menabung di bank syariah, nasabah akan mendapatkan hasil dari investasi yang halal dan sesuai syariat saja. Bank syariah akan menyeleksi berbagai macam proyek yang hendak didanai dengan menggunakan dana nasabah. Tiidak hanya melihat keuntungan yang diberikan serta kelayakan usaha saja, namun bank syariah juga akan melihat dari sisi halal dan juga haramnya usaha tersebut. Sehingga dana nasabah akan terjamin kebermanfaatan dan kehalalannya.


6. Adanya Peringatan tentang Bahaya
Keunggulan lain yang dimiliki bank syariah adalah bank syariah mampu memberikan peringatan dini kepada nasabahnya. Jadi, ketika bank syariah mengalami hasil yang terus merosot, nasabah bisa mendapatkan isyarat bahwa sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada banknya sehingga nasabah bisa melakukan antisipasi. Sedangkan,  di bank konvensional tidak seperti itu.

7. Dana untuk Umat
Di bank syariah adalah dana yang didapatkan merupakan dana untuk umat yang didapatkan atau dikumpulkan dari umat sehingga akan dikembalikan untuk kesejahteraan umat juga. Tujuan bank syariah pun tidak semata-mata untuk profit tetapi untuk kemaslahatan umat, sehingga dalam penyelenggaraannya keuntungan yang didapat harus tetap sesuai dengan syariat Islam.

Demikianlah kelebihan bank syariahdibandingkan dengan bank konvensional. Semoga kelebihan yang dimiliki bank syariah tersebut dapat meyakinkan anda untuk menabung di bank syariah tanpa perlu mengkhawatirkan terjadinya kerugian. Saat ini , bank syariah sedang mengalami pertumbuhan yang signifikan, jadi tidak menutup kemungkinan keberadaan bank mampu menyaingi bank konvensional. Untuk itu, anda sebagai umat Islamlah yang akan menentukan maju tidaknya bank syariah. Sebab, tanpa dukungan dari umat, bank syariah tidak dapat mencapai tujuan berdirinya untuk kemaslahatan umat.


Jumat, 02 Maret 2018

Maret 02, 2018

Mau Selesai Skripsi Kurang Dari 3 Minggu? Ikuti 10 Tips Ini!



Mau Selesai Skripsi Kurang Dari 3 Minggu? Ikuti 10 Tips Ini!

Setelah selesai mengambil seluruh mata kuliah, mengikuti KKL, PPL/PKL, , ditambah kewajiban KKN, kini tiba saatnya kamu mengerjakan kitab suci mahasiswa bernama skripsi. Skripsi merupakan tugas akhir perkuliahan sebelum kamu memulai menata hidup masa depan. Ujian hidup terberat bukanlah menulis skripsi, tetapi sekripsi merupakan salah satu ujian hidup yang berat bagi kalangan mahasiswa. Setelah menamatkan kewajiban teoritis, tiba waktunya menguji kemampuanmu memahami berbagai materi lewat sebuah penelitian. Sebagai seorang mahasiswa kamu pun diwajibkan melakukan riset sebagai syarat kelulusan. Tidak sedikit orang yang mengaku bahwa momen skripsi adalah saat terberat selama mengamban status sebagai mahasiswa. Ada banyak pula yang mengaku gagal mengemban gelar sarjana karena tidak mampu menyelesaikan skripsinya.

1.Siapkan Diri dan Pelajari Semua yang Berkaitan dengan Skripsi  
Saat mulai masuk semester akhir, siapkan diri untuk fokus dalam membuat skripsi satu sampai dua semester sebelum masuk semester akhir. Sibukkan diri dengan mencari judul atau topik yang ingin diangkat, mempelajari teknik menyusun proposal, dan sebagainya. Intinya kepoin semua hal yang berkaitan dengan skripsi.

2.Memilih tema tenilitian yang tepat dan tepat
Salah satu faktor yang menyebabkan penyelesaian skripsi membutuhkan waktu yang lama adalah tema yang diambil. Oleh sebab itu pilihlah tema yang tepat, yaitu tema penilitian yang kamu sukai dan kamu pahami. Tema yang tepat akan sangat membantu kamu untuk selesai skripsi dengan cepat. Biasanya, tema skripsi juga menentukan siapa yang akan menjadi dosen pembimbingmu. Namun, jika kamu memang ingin memilih tema skripsi yang berbeda atau dengan standar yang tinggi, maka kamu harus siap dengan segala konsekuensi.

3. Pilih dosen pembimbing yang berbeda gender denganmu
Dosen pembimbing merupakan pihak terpenting kedua yang menjadi faktor penentu kecepaatan selesainya skripsi setelah dirimu sendiri. Meskipun belum ada penelitian yang menyatakan bahwa memilih dosen pembimbing dengan gender yang berbeda dapat mengurangi tingkat sensi dalam proses bimbingan, hal ini patut dipertimbangkan. Usahakan kamu mengenali siapa saja dosen pembimbing skripsi di kampusmu dan tema skripsi seperti apa yang dipegangnya. Dengan begitu, kamu bisa memilih dosen yang sesuai dengan tema penelitianmu.

4. Membuat Jadwal Kegiatan
Meskipun project di semester akhir hanya fokus pada skripsi, membuat jadwal kegiatan sangat diperlukan. jadwal kapan harus bertemu dosen pembimbing, berkunjung ke perpustakaan, mencari topik, dan kapan harus mengerjakan skripsi. Dengan begitu kamu tidak akan tabrakan jadwal, waktumu juga akan lebih produktif karena semuanya telah terencana.

5. Buat deadline yang disertai peringatan jika menunda skripsi
Skripsi berbeda dengan tugas kuliah pada umumnya, sebab skripsi tidak mempunyai deadline. Oleh sebab itu, kamu harus membuat sendiri deadline tersebut supaya kamu tidak menunda-nunda untuk mengerjakan skripsi. Ingat, “1 hari menunda skripsi berarti 1 hari menunda nikah”. Meskipun kamu sudah membuat jadwal kegiatan, jika kamu tidak membuat deadline kamu akan dengan mudah mengabaikan jadwal yang sudah disusun.

6. Kerjakan skripsi di tempat yang membuatmu nyaman
Tempat menentukan apakah kamu bisa mengerjakan skripsi dengan giat. Oleh karena itu, pilihlah tempat yang membuatmu merasa nyaman untuk mengerjakan skripsi. Pastikan tempat tersebut tidak mengganggu konsentrasimu dan tidak menimbulkan banyak godaan untuk melakukan kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan skripsi. Mengerjakan skripsi tidak harus di kos dan di perpustakaan, boleh dimana saja asal kamu bisa menyesuaikan diri dan tetap fokus pada skripsi.

Skripsi
Skripsi

7. Lebih aktif dengan dosen pembimbing
Seperti apapun wujud dan sifat dosen pembimbingmu, tetaplah aktif dan berkelakuan baik pada dosen pembimbing. Jangan malas menemui dosen pembimbing, sebab ialah yang tahu kapan harus berjalan lurus, belok kanan, belok kiri, atau bahkan berhenti. Pandai-pandailah dalam berkomunikasi dengan dosen wali, jangan hanya menggunakan otak tetapi juga strategi. Sesekali bawakan sesuatu yang disukai oleh dosen wali, atau jika dosenmu seorang penulis gunakanlah bukunya sebagai referensi. Meskipun cara tersebut tidak menjamin kamu lulus cepat, tatapi bisa mengurangi rasa sensi dosen terhadapmu.

8. Cari motivasi
Jika kamu mulai merasa jenuh terhadap skripsimu, ada baiknya kamu mencari motivasi dan menenangkan pikiranmu sejenak. Sering-seringlah datang ke acara sidang atau wisuda teman supaya kamu termotivasi untuk cepat wisuda juga. Jika motivasimu adalah pacarmu, maka jangan membuat kalian menunda nikah hanya karena sikripsimu terlalu lama. Lakukan apapun dan bergaullah dengan siapapun yang bisa menumbuhkan motivasimu sehingga tidak luruh karena keluhan rasa jenuh terhadap skripsimu.

9. Minimalisir waktu bermain
Mengerjakan skripsi secara terus-menerus memang tidak baik bagi kondisi mental dan otakmu. Sesekali kamu perlu istirahat atau melakukan aktivitas lain seperti hangout dengan teman. Akan tetapi, usahakan kegiatan tersebut tidak dilakukan secara berlebihan hingga waktumu terbuang sia-sia dan skripsimu selalu ditunda-tunda. Jangan juga terlalu asyik pacaran hingga lupa skripsian. Kamu juga harus jaga kesehatan, supaya skripsian tidak terganggu karena kamu sakit-sakitan.

10. Minta restu Tuhan YME dan orang tua
Berusahalah sambil berdo’a. Sebab, jika kamu berusaha tanpa berdo’a kepada Tuhan dan tanpa meminta restu atau do’a dari orang tua, semuanya belum tentu mudah dan berkah.


Akan tetapi, sebenarnya skripsi tidak sesulit  dan seberat itu. Untuk itu, penting bagi untuk tahu tips dan triknya supaya skripsi bisa selesai secepatnya. Demikian Artikel Tentang 10 Tips Agar Skripsi Selesai Kurang Dari 3 Minggu